Sejarah

Program Sarjana Matematika FMIPA ITS didirikan pada tahun 1965 berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 72 Tahun 1965. Pada saat berdiri, Jurusan Matematika berada di bawah Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) yang sekarang menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITS.

Dalam tahun 1987 sampai dengan 1992 Jurusan Matematika FMIPA ITS telah menjalin suatu kerjasama dengan Fakultas Matematika Tenik dan Informatika, Delft University of Technology (DUT) Belanda. Kerjasama tersebut antara lain dalam bentuk perbaikan kurikulum, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, pelatihan bagi dosen dan pengiriman dosen untuk studi lebih lanjut. Kerjasama dengan Belanda ini dilaksanakan lagi dalam bentuk Reseach Workshop (RWS) yang diadakan tahun 1998 dan 2003.

Salah satu hasil kerjasama tersebut adalah disempurnakannya kurikulum 1994 dan 1999 sehingga ditetapkan adanya lima bidang minat (Aljabar, Analisis, Model dan Sistem, Riset Operasi dan Simulasi, Ilmu Komputer). Untuk kurikulum 2009 yang berbasis kompetensi, lima bidang minat tersebut disesuakan menjadi empat Rumpun Mata Kuliah(RMK): 

  1. RMK Analisis & Aljabar.
    Rumpun ini menekankan pada pemahaman dan pengembangan dasar-dasar Matematika, Analisi, dan Aljabar sehingga mampu mengikuti dan mengembangkan teori-teori baru matematika dan ilmu lain.
  2. RMK Pemodelan dan Sistem.
    Rumpun ini menekankan pada pemahaman dan pengembangan dasar-dasar Matematika, Pemodelan Sistem dan Simulasi, sehingga mampu mengembangkan dan menerapkannya dalam permasalahan nyata.
  3. RMK Riset Operasi dan Pengolahan Data
    Rumpun ini menekankan pada pemahaman dan pengembangan dasar-dasar Matematika, Riset Operasi, Pengolahan Data Statistika, Proses Stokastik,  sehingga mampu mengembangkan dan menerapkannya dalam permasalahan nyata.
  4. RMK Ilmu Komputer
    Rumpun ini menekankan pada pemahaman dan pengembangan dasar-dasar Matematika, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi sehingga mampu membangun dan mengembangkan perangkat lunak yang profesional

Selain itu, untuk menjawab kebutuhandan perkembangan teknologi informasi, dengan sarana dan prasarana yang dimiliki, Jurusan Matematika menyelenggarakan program pendidikan satu tahun yang diberi nama Pendidikan Ahli Pemrograman Sistem Informasi (PAPSI). Mahasiswa dididik untuk menjadi tenaga terampil (ahli) dalam bidang pemrograman sistem informasi